Jumat, 18 April 2014

Pengertian Litosfer??

Apa Sih Pengertian dari "Lithosphere" ????


Pasti dari kalian sudah ga asing lagi, mendengar yang namanya istilah "Litosfer". Nah, kalo kalian liat gambar diatas, secara ga langsung itu udah mewakili pemandangan "Litosfer" loh. Secara garis besar, litosfer merupakan bagian bumi yg padat dan meliputi kerak samudera dan benua termasuk di dalamnya adalah lapisan interior bumi. Kalo kita ngerawat bumi dengan benar, mungkin aja gambaran litosfer kaya gambar diatas, namun jangan harap kita dapat melihat pemandangan itu lagi kalo kita ngerawat bumi dengan ga baik, mungkin gambarannya bakal kaya gini nih.


Gamau kan punya bumi kaya gini?? Oke, kembali ke topik. Apa sih kandungan lapisan litosfer kita??? mungkin beberapa dari kalian bertanya mengenai itu, ternyata 94% bumi kita tersusun oleh unsur-unsur O2, Fe, Ca, Na, H, Si dan Mg. Wah, ko bisa sih, kita berdiri di atas oksigen yang notabennya oksigen itu kan gas bukan padatan? Haha, woles aja brow, kadar oksigen di lapisan bumi kita kan sedikit, ga banyak kaya unsur silika, besi, dan magnesium. Perlu kalian tau, litosfer itu ngga statis loh, tetapi permukaan (keraknya) ada dalam
status gerak yg konstan dan memberi andil dalam pergerakan benua. Jadi jangan kalian kira kalo tanah itu ngga bergerak, secara dia bergerak loh, kira-kira kecepatanya 1-13 cm per tahun jika terdapat gempa di suatu tempat. Bergerak atau mengapungnya benua dapat dijelaskan melalui teori lempeng tektonik yg telah dikembangkan oleh ahli geologi tahun 1960-an loh.

Batuan pembentuk bumi

Sebenarnya udah banyak sih blog-blog yang udah ngebahas ini, tapi kalo tujuan kita untuk mencari ilmu, ga salah kan? hehe. Sebelum kita melangkah ke macam-macam batuannya, kita harus tau dulu nih, pengertian umum mengenai "Batuan". Mungkin kalo pengertian secara umum udah mainstream yah, mari kita simak pengertian-pengertian batuan menurut berbagai definisi setiap bidang:

Secara Geologi
- Merupakan bagian yang padat, yang terdiri dari mineral-mineral yang belum terganggu, di bawah lapisan SOIL dan VEGETASI.
- Adalah susunan dari kumpulan mineral dan bahan organik yang bersatu membentuk kulit bumi.
- Adalah semua material yang membentuk kulit bumi, yang terbagi atas : batuan yang terkonsolidasi               (consolidated rock), dan batuan yang tidak terkonsolidasi (unconsolidated rock).
Menurut para ahli teknik sipil
- Batuan merupakan formasi yang keras dan padat dari kulit bumi.
- Adalah suatu bahan yang keras dan koheren atau yang telah
terkonsolidasi dan tidak dapat digali dengan cara biasa/ manual
(seperti dengan cangkul dan belincong).                                                                                          
Menurut ASTM
- Adalah suatu bahan yang terdiri dari mineral padat (solid) berupa
massa yang berukuran besar ataupun berupa fragmen-fragmen.
Nah sudah paham kan sekarang pengertiannya?? hehe :D kayaknya pembahasan mengenai batuan pembentuk bumi agak panjang nih, kita lanjutin ke postingan selanjutnya aja yah? hehe. Salam ilmu pengetahuan broh!! Mari berantas kebodohan!!

Source :

  1. Powerpoint of Litosfer from Yon Sugiarto 
  2. http://primaandarthayongki.blogspot.com/2012/09/1_5.html
  3. http://tambangunp.blogspot.com